Indonesia mempunyai berbagai
perusahaan ritel berkembang dan tumbuh pesat yang mempengaruhi tingkat kualitas
yang solid bagi konsumennya. Saat ini Indonesia memiliki produk ritel unggulan
seperti pakaian, makanan, pendidikan, dan produk unggulan lainnya yang laris
manis di pasar dalam negeri. Akan tetapi, sangat sedikit merek lokal ini yang berhasil dibawa ke luar negeri. Sehingga
kebanyakan produk kita masih berkutat dan hanya unggul di pasar domestik.
Bandingkan dengan negara tetangga
seperti Singapura, ritel negara kita masih dipandang kalah secara global.
Sebagai contoh BreadTalk sudah mendunia lewat produknya. Padahal sebelumnya
ritel ini berawal dari usaha kecil menengah di Singapura tetapi mereka sukses
menarik konsumen dari dalam negeri sampai mancanegara.
Comment : Indonesia has the potential for tremendous retail growth. Therefore, it is expected not only excelled in the domestic market alone, but can be extended to the international arena. And is expected to again and associations related to the government's efforts in planning domestic retail products in order to compete abroad and the name of our country Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar