Pengertian
pasar yaitu mekanisme yang dapat menata kepentingan pihak pembeli terhadap
kepentingan pihak penjual. Makna pasar bukan berarti tempat, melainkan suatu kegiatan yang dilakukan dari pihak
produsen ke konsumen.
Pasar
dapat dijabarkan sebagai berikut :
-
Sebagai
tempat bertemunya penjual dan pembeli baik itu barang maupun jasa
-
Adanya
kekuatan permintaan dan penawaran
-
Mekanisme
antara penjual dan pembeli
3 Fungsi
pasar diantaranya :
1.
Distribusi
; pasar berperan sebagai penyalur barang dan jasa
2.
Pembentukan
harga ; penjual melakukan permintaan barang yang dibutuhkan
3.
Promosi
; memperkenalkan produk baru pada konsumen
Dengan
mengetahui apa itu pasar, maka perusahaan akan mengetahui analisa produk yang
akan dipasarkan. Maka hal itu sebagai pedoman bagi mereka untuk memulai usaha
yang ingin mereka jalani.
Peluang
Pasar
Semakin
berkembangnya zaman, bisnis dan ekonomi semakin menjamur di berbagai belahan
dunia. Perusahaan-perusahaan yang memulai bisnisnya ataupun yang telah lama
menjadi peran penting ekonomi suatu negara seperti perusahaan besar, semakin gencar merencanakan dan memikirkan
strategi jitu untuk menguasai pasar. Hal ini menjadi begitu sangat penting
untuk menjaga dan menggapai kelangsungan perusahaan menjadi lebih baik.
Kemampuan
mencapai tujuan dan sasaran untuk memasarkan produk, dipengaruhi oleh tingkat
analisis perusahaan itu sendiri. Maka peluang pasar menjadi tolak ukur dimana
produk ditempatkan dan jumlahnya
yang sesuai semestinya.
Pengertian
peluang pasar menurut Kotler (1997:72) adalah suatu bidang kebutuhan pembeli
dimana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan
Sedangkan
menurut Pearce dan Robinson (2000-230) memberikan pengertian bahwa peluang
pasar adalah situasi penting yang paling menguntungkan dalam lingkungan perusahaan
Jika
disiimpulkan bahwa peluang pasar itu adalah pasar sasaran yang didalamnya
terdapat keinginan dan kebutuhan yang ingin dipenuhi.
Cara
mengidentifikasi suatu peluang pasar diantaranya :
Ø
Mengamati
kebutuhan yang banyak diperlukan oleh konsumen
Ø
Mengetahui
kapan konsumen membutuhkan keutuhan tersebut
Ø
Tentukan
karakter konsumen berdasarkan usia, jenis kelamin ataupun pendidikannya
Ø
Memperkirakan
daya beli konsumen yang sesuai dengan pendapatannya
Ø
Perhatikan
apakah pasar banyak pesaing atau tidak
Yang
harus diketahui dalam menganalisa pasar :
·
Potensi
pembeli terhadap barang
·
Motivasi
dan public speaking yang baik terhadap konsumen dalam penjualan produk
·
Ukuran
pasar
·
Sifat-sifat
konsumen
·
Target
pasar spesifik
·
Pengaruh
pasar eksternal
·
Analisa pesaing ataupun pesaing yang akan datang
Melihat peluang pasar
Untuk
mempelajari hal yang baru, setiap kita diawali dengan melihat. Dalam membaca
peluang pasar, melihat juga langkah pertama dalam menganalisa pasar. Cara
sederhananya mungkin dengan melihat masalah ataupun fenomena-fenomena yang ada
disekitar kita dan objek yang terkena dampaknya. Maka kita memulai melihat
celah-celah yang bisa menjadi peluang bagi kita terhadap kejadian tersebut.
Tingkat
kematangan melihat masalah ini sangat
diperlukan. Karena kehati-hatian melihat peluang adalah kunci untuk mengurangi
dampak resiko yang belum tentu kita atasi pada kegiatan pemasaran produk. Maka
kesuksesan dalam membaca peluang ditentukan oleh melihat peluang pasar itu
sendiri.
Membaca peluang pasar
Membaca
peluang pasar identik dengan dunia bisnis dan hal yang harus dilakukan bagi
seorang entrepreneur baik bagi pemula ataupun bagi penggelut yang akan
mengembangkan usahanya yang telah ada. Dan dengan mensegmentasikannya produk
yang dipasarkan, perusahaan atau entrepreneur sendiri bisa merangkul konsumen
dengan pertimbangan yang matang. Untuk itu dalam membaca peluang ini,
sebelumnya kita harus melihat dan mendengar masalah yang terjadi dengan
memahaminya. Karena dengan cara begitu, sekecil apapun poin yang dipahami atau
dianalisis memiliki peranan yang penting dalam membuat keputusan.
Sebelum
memulai usaha, hal yang harus dipertimbangkan diantaranya :
o
Jenis
Usaha
o
Jenis
Produk
o
Target
Konsumen
o
Lingkungan
o
Legalitas
o
Minimalisir
resiko
o
Modal
Memanfaatkan peluang pasar
Peluang
tidak akan ada berarti apa-apa tanpa adanya kemauan dan aksi yang nyata dalam
menjalaninya. Begitu juga dengan peluang pasar yang tidak diambil dan
dimanfaatkan, akan bersifat netral dan bahkan diambil secara cepat oleh
seseorang yang ulet dan berkemauan tinggi. Untuk itu kita harus memulai
memanfaatkan peluang tersebut dengan kematangan analisis segmentasi dan
strategi bisnis yang matang.
Berikut
adalah tips memanfaatkan peluang pasar :
§
Melakukan
riset pasar
§
Mempersiapkan
dan menyusun rencana
§
Patuh
terhadap aturan
§
Strategi
pemasaran yang tepat sasaran
Setelah
hal itu dianalisa, maka kita harus langsung mempraktekkannya. Ketekunan, kretif
dan inovatif harus selalu dikembangkan agar peluang tersebut diberdayakan
secara maksimal tanpa terbuang peluang sedikitpun.
SUMBER :
pak background di ganti dong jgn transparan, puyeng liatnya. thanks
BalasHapus